Senin, 09 Juni 2008

Ayo Gabung, Rekan!

Memasuki usia 100 tahun kebangkitan nasional dan dalam rangka memperingati Ulang Tahun Menwa Mahasurya Jawa Timur ke-44 pada 1 Juni 2008, beberapa orang yang pernah tergabung dalam Staf Komando Resimen Mahasiswa Mahasurya Jawa Timur pada satu dasa warsa yang lalu (atau bahkan lebih, era 1990-an) berkumpul dan memandang perlu membuat forum yang menegaskan tentang perhatiannya di bidang pertahanan negara. Secara klandestein, sebenarnya acara kumpul-kumpul itu sendiri sudah lama dan sering dilakukan dengan tempat dan materi diskusi yang berbeda. Hanya baru kali ini, rekan-rekan dengan terpaksa dan harus rela mempublikasikan kegiatannya dengan konsen di bidang pertahanan negara tersebut.

Semata karena memang, entah hal ini sebagai tuntutan atau memang fenomena bersama bahwa kalau tidak nampak ada (dimunculkan) maka dianggap tidak ada dan tentunya akan semakin diabaikan dan dicampakkan. Karena itu, dengan sedikit berat hati melalui forum ini berusaha untuk menunjukkan ide dan sebagian gagasan yang pernah dibicarakan dan diungkapkan. Tentu tidak ada maksud untuk menciptakan eksklusifisme dan keangkuhan dalam berpendapat. Justru sebaliknya kami dan juga semua warga bangsa yang berminat dengan forum ini, dengan tulus ingin memberikan sumbang pemikiran yang diharapkan akan makin memperkaya khasanah pemikiran dan cara pandang kita bersama dalam pembelaan negara dan pertahanan negara. Ketika banyak orang merasa terasing di negeri sendiri maka semua yang memiliki konsen dalam bidang pembelaan negara dan pertahanan negara merasa perlu menjalin kembali silaturahmi harus apa dan mau bagaimana dalam berbangsa dan bernegara ini.

Hanya kebetulan saja jika beberapa hari yang lalu, pemerintah melalui presiden berkehendak untuk membuat dan mendirikan sekolah atau universitas pertahanan. Forum ini sama sekali tiidak ada kaitannya dengan gagasan presiden tersebut. Namun mungkin ada kesamaan dalam melihat tentang keprihatinannya atas minimnya kesadaran bela negara dan pertahanan negara di antara sesama warga bangsa.

Selain itu, sebenarnya forum-forum yang mewadahi kegiatan semacam ini memang cukup bervariasi, namun keterbatasan bagaimana mengkomunikasikan (bukan keterbatasan sarana komunikasi) kadang menjadi penghambat dan alasan sehingga rangkaian ide dan gagasan baru itu tidak nyambung dan tidak tersampaikan. Oleh karena itu, dalam tahapan ini keterpaksaan tersebut bergerak menjadi suatu kewajiban untuk mempublikasikan forum semacam ini. Apalagi ternyata sebagian rekan yang lain tidak saja berharap, lebih dari itu sebenarnya ada yang mendesak dengan sedikit memaksa untuk segera mempublikasikan forum seperti ini. Harapannya publikasi semacam ini dapat menjadi jembatan untuk merangkai kembali ide, pikiran dan komitmen setiap orang dari yang mengaku warga negara Indonesia dalam berbicara mengenai pertahanan negara dan bela negara.

Terima kasih. Selamat Bergabung dan Salam Kenal.